HTML Tutorials : Fungsi Tag Abbreviation, Address, Cite, BDO

HTML Tutorials : Abbreviation, Address, Cite, BDO


Pada tutorial sebelumnya, kita telah membahas mengenai tag br dan tag har di HTML Tutorials : Tag Break& Horizontal Rule. Di tutorial ini, kita akan membahas tag abbreviation, tag address, tag cite, dan tag bdo. Di sini, akan saya jelaskan fungsi dari tag-tag tersebut beserta penggunaannya. Selengkapnya, silahkan langsung simak HTML Tutorials : Abbreviation, Address, Cite, BDO.

Tag Abbreviation & Acronym

Tag Abbreviation merupakan tag khusus di HTML yang digunakan untuk menunjukan abbreviation pada suatu tulisan. Abbreviation bisa disebut juga dengan sebuah acronym atau singkatan. Penulisan tag ini dalam HTML 5 adalah dengan menuliskan tag pembuka <abbr> dan tag penutupnya </abbr>.
Tag akan menampilkan teks yang ada di antara tag pembuka dan penutupnya dengan apa adanya. Misal, jika Anda ingin menuliskan singkatan dari “Search Engine Optimazing”, Anda hanya perlu menuliskan langsung SEO. Jika Anda menuliskan “Search Engine Optimazing”, maka yang muncul juga seperti yang Anda tuliskan. Anda bisa menuliskan kepanjangannya di dalam aribut title.
Contoh:
<p>Tag Abbreviation membantu meningkatkan <abbr title=”Search Engine Optimazing”>SEO friendly website.
Tag <abbr> ini akan memberikan informasi yang sangat penting kepada web browser, system penerjemah, dan mesin pencari seperti Google. Dengan tag ini, secara tidak langsung, Anda telah meningkatkan tingkatan SEO friendly dari website Anda. mahaamesha.com
Tag Acronym adalah tag yang fungsinya sama dengan tag abbreviation. Tag acronym digunakan untuk menandai tulisan sebagai sebuah singkatan. Tag ini dituliskan dengan tag pembuka <acronym> dan tag penutup </acronym>. Meskipun kedua tag ini memiliki fungsi yang sama, namun tag <acronym> tidak didukung penggunaannya dalam HTML 5. HTML 5 lebih menyarankan penggunaan tag <abbr>. Meskipun tidak mendapat dukungan di HTML 5, Anda tetap dapat menggunakan tag ini sebagai tanda bentuk singkatan. Jika Anda coba bandingkan dengan menjalankan kedua tag ini, web browser akan menampilkan tag acronym ini seperti fungsi dari tag <abbr> sama persis.
FYI :
Tag acronym menjalankan fungsi yang sama dengan tag abbreviation, meskipun tidak support di HTML 5.

Tag Address

Tag Address adalah tag khusus dalam bahasa pemrograman HTML yang digunakan untuk menunjukkan suatu alamat (address) dari penulis atau pemilik artikel atau dokumen. Tag ini dapat dituliskan dengan memberikan tag pembuka berupa <address> dan tag penutup berupa </address>.
Web browser pada umumnya akan menampilkan elements dari tag address dengan tulisan bercetak miring (italic) dan disertai line break di sebelum dan sesudah elementsnya. mahaamesha.com
Contoh:
<p>Penggunaan Tag Address
<address>
          Created by Ma Haamesha <br>
          Visit us at: mahaamesha.com <br>
          Jalan Pelajar Pejuang Pemrograman 100A, Magelang, Jawa Tengah
</address>

Tag Cite

Tag Cite adalah tag yang digunakan untuk memberikan judul dari suatu pekerjaan (defines work title). Penulisannya sama seperti yang lain, yaitu berpasangan dengan tag penutupnya. Tag ini dituliskan dengan <cite> dan ditutup dengan </cite>.
Tag ini akan selalu ditampilkan dengan tulisan bercetak miring (italic) oleh web browser.
Contoh:
<p><cite>Learning Tag Cite</cite> with Ma Haamesha</p>
Work title di dalam tag <cite>…</cite> boleh berupa bentuk singkatan dari sebuah kepanjangan. Tag ini lebih menekankan pada penambahan citation metadata.

Tag BDO

Tag BDO memiliki kepanjangan, yaitu Bi–Directional Override. Tag ini di dalam HTML memiliki fungsi untuk meng-override atau mengesampingkan suatu directional atau berhubungan dengan arah. Bi-Directional Override memiliki maksud mengesampingkan tulisan ke dua arah, yaitu dari kanan ke kiri & dari kiri ke kanan. mahaamesha.com
Tag ini dituliskan berpasangan, yaitu <bdo>…</bdo>.
Contoh:
<p>Apa itu fungsi <bdo>bi-directional override</bdo>
Ketika kalian menuliskan tulisan di atas di editor kode HTML yang Anda gunakan, web browser tampak tidak menampilkan hal yang berbeda atau seakan-akan tag bdo yang digunakan tidak berguna. Hal ini dikarenakan tag <bdo> ini memiliki aturan default menampilkan teks dari kiri ke kanan (left to right). Anda perlu menambahkan atribut directional di tag bdo tersebut agar dapat mengatur penulisan teks dari kanan ke kiri (right to left).
Contoh:
<p><bdo dir=”rtl”>Tambahkan atribut directional</bdo> agar dapat menampilkan penulisan dari kanan ke kiri.</p>
                                                                              

Summary

Di tutorial kali ini, kita telah mempelajari :
·        Tag <abbr>…</abbr> untuk menandai tulisan sebagai bentuk singkatan.
·        Tag <address>…</address> berisi alamat dari penulis artikel.
·        Tag <cite>…</cite> merupakan judul suatu pekerjaan.
·        Tag <bdo>…</bdo> mengatur penulisan dari kanan ke kiri dengan dir=”rtl”

Setelah kita membahas tag-tag tersebut di HTML Tutorials : Abbreviation, Address, Cite, BDO. Ikuti terus tutorial-tutorial lainnya dengan mendaftarkan email Anda agar mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari kami. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak dengan mengisi kolom komentar di bawah ini dan share jika artikel ini bermanfaat. Pada tutorial berikutnya, kita akan membahas mengenai HTML Tutorials : Penggunaan Tag KBD, Variable, Code, Sample.

Created by mahaamesha :}

Comments