Manfaat Olahraga bagi Kesehatan

Sekarang ini, ada sebagian orang yang masih cenderung malas untuk berolahraga. Padahal olahraga membawa manfaat besar bagi kesehatan tubuh kita. Pada kesempatan ini mahaamesha.blogspot.com akan membahas tentang manfaat berolahraga. Berikut ini adalah manfaat berolahraga.

Mencegah Berbagai Penyakit
Manfaat pertama dari berolahraga tentunya mencegah kita terkena beragam penyakit. Ketika berolahraga, tubuh kita akan lebih bebas dan aktif bergerak. Hal itu dapat melancarkan system metabolisme dan system peredaran darah dalam tubuh kita. Selain itu, kinerja hormone dalam tubuh pun juga akan meningkat. Hasilnya, tubuh kita akan memiliki daya tahan yang lebih baik dari sebelumnya, sehingga kita dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit. Olahraga secara rutin dapat mencegah penyakit :

ü  Jantung - Jantung dan olahraga merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Untuk memiliki jantung sehat, perlu olahraga teratur. Sekelompok peneliti di Swiss mengungkapkan bahwa rutin berolahraga dapat mempercepat pemulihan dan pencegahan serangan jantung berikutnya. Hasil studi menyebutkan, fungsi pembuluh darah di kalangan orang yang rajin berolahraga mengalami peningkatan. Olahraga juga akan meningkatkan  kinerja jantung untuk memompa darah.

ü  Diabetes - Olahraga dapat menjauhkan Anda dari penyakit diabetes. Pengaruh olahraga pada kontrol gula darah telah dibuktikan pada beberapa studi. Menurut studi-studi tersebut, olahraga meningkatkan sensitifitas insulin sehingga penggunaan gula darah meningkat dan otomatis kadar gula darah berkurang.

ü  Obesitas - Mencegah penyakit obesitas. Aktivitas fisik teratur mampu menekan lemak tubuh dengan membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh dalam pembakaran lemak. Jika dilengkapi dengan nutrisi yang sesuai, olahraga dapat membantu mengendalikan berat badan sekaligus mencegah obesitas sebagai pemicu berbagai penyakit. 

  ü  Tekanan Darah - Olahraga sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darah rendah ataupun tinggi, karena diyakini dapat memperlancar serta memperbaiki sirkulasi darah. Tekanan darah Anda akan lebih normal ketika berolahraga, terutama bila dilakukan rutin.

  ü Osteoporosis - Olahraga angkat beban secara teratur dapat membantu pembentukan tulang, sekaligus mencegah berbagai gangguan pada tulang seiring pertambahan usia seperti osteoporosis. Menurut penelitian yang dilakukan Tom Lloyd. PhD, seorang epidemiologis di Penn State University College of Medicine, meskipun konsumsi kalsium dianggap sebagai faktor paling penting bagi kesehatan tulang, namun olahraga merupakan gaya hidup yang sangat dominan dalam menentukan kekuatan tulang. Akan tetapi, perlu diperhatikan untuk tidak berolahraga berlebihan.


Mencegah Stress
Manfaat lain yang didapat dari berolahraga diantaranya dapat menghilangkan stres, memperbaiki stamina, meningkatkan kualitas tidur dan memudahkan seseorang untuk berkonsentrasi. Menurut William P. Morgan Ed.D, kepala laboratorium psikologi Universitas Wisconsin di Madison, berolahraga dapat membantu seseorang mengurangi kegelisahan hati bahkan melawan kemarahan. Alasannya, saat berolahraga jantung juga ikut bekerja, yang otomatis konsentrasi pikiran tidak akan terfokus pada urusan pekerjaan lagi. Selain itu, olahraga juga meningkatkan fungsi hormon dalam otak, seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorphin, yang membuat kita merasa bahagia.


Comments